Suzuki Ertiga Hibrida Sudah Diuji di Indonesia

Teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang sebelumnya cuma jadi barang pajangan pada dua kali pameran otomotif nasional, ternyata sudah diuji di Indonesia. Suzuki Indomobil Sales (SIS) rencananya bakal meluncurkan model baru berteknologi itu pada awal tahun depan.

Pihak SIS memang belum mau mengungkap nama modelnya, namun hampir pasti wujudnya Ertiga bermesin diesel dengan SHVS seperti produk yang sudah dijual di India.

Saat bertemu wartawan di Bogor, Rabu (14/12/2016), Harold Donnel 4W Head of Product Development & Accesories SIS memaparkan SHVS bekerja dengan dua fitur yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan start/stop.

ISG merupakan pengganti alternator sedangkan start/stop berfungsi mematikan kerja mesin setelah mobil berhenti cukup lama, misalnya saat lampu merah. Ketika pedal gas ditekan kembali maka mesin menyala lagi.

“Fitur start/stop ini sudah dalam masa pengembangan, sudah kami tes beberapa kali juga di jalanan Indonesia. Bukan hanya di Jakarta saja,” kata Harold yang ikut dalam pengetesan.

Harold tidak menjelaskan kapan pengujian Ertiga SHVS dimulai. Selain itu dia juga tidak mau membeberkan berapa angka efisiensi yang sudah dicapai.

SIS sepertinya lihai menyembunyikan pengetesan Ertiga SHVS, pasalnya hingga sekarang belum ada spyshot yang beredar. Salah satu triknya bisa jadi emblem SHVS dicopot, jadi penampakannya tidak terdeteksi karena mirip varian Ertiga lainnya.

Semua teknologi pada Ertiga hibrida baru buat Suzuki di Indonesia. SIS sebelumnya belum pernah menjual model hibrida ataupun bermesin diesel.