Volvo Indonesia Klaim Tutup 2016 dengan Baik

Volvo Indonesia mengklaim mendapatkan peningkatkan penjualan sepanjang 2016. Hasil ini menjadi penting setelah banyak aktivitas yang dilakukan perusahaan tahun ini, termasuk mengembangkan sumber daya manusia, memperlebar jaringan, sampai memperkuat produk.

2016 diakui sebagai tahun penting, karena tiga merek yang berada di bawah payung perusahaan, seperti Volvo Trucks, Renault Trucks, dan UD Trucks, mengalami pertumbuhan.

Valery Muyard, Presiden Direktur Volvo Indonesia, dalam siaran resmi (14/12/2016), mengatakan bahwa 2016 dititikberatkan pada keahlian sumber daya manusia.

”Hal ini perlu karena faktor sumber daya manusialah yang dapat mengatasi masalah-masalah penting dari segi perawatan, produktivitas, dan efisiensi bahan bakar,” ucap Muyard.

Volvo Trucks disebut meraih angka penjualan yang relatif sama dengan tahun sebelumnya. Sedangkan UD Trucks naik hingga lebih dari 300 persen dari tahun sebelumnya. Perusahaan tak mau membeberkan detail angka.

Ghulam/KompasOtomotifUD Trucks di Parkir Timur Senayan.

Sumber Daya
Upaya yang terus dilakukan Volvo Indonesia adalah mengingkatkan kemampuan sumber daya manusia. Berbagai pelatihan dilakukan untuk mekanik dan pengemudi. Skill mereka jika digabungkan dengan teknologi, dipercaya menhasilkan solusi transportasi prima.

Kebanggan buat Volvo Indonesia setelah para mekaniknya mampu meraih prestasi dalam kompetisi kelas dunia. Mekanik Volvo misalnya, menjadi juara petrama dalam kompetisi Vista di Swedia, Juni lalu. Sedangkan mekanik UD Trucks memenangi Gemba Challenge di Jepang, bulan lalu.

Teknologi juga menjadi salah satu konsentrasi dan strategi. Namun, hal tersebut tak akan kentara jika tak didukung jaringan kuat. Saat ini, Volvo Indonesia telah memilki jaringan kuat di seluruh Indonesia termasuk Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara.

Dibukanya pabrik perakitan untuk merk UD Trucks pada Oktober 2016 lalu, diharapkan penjualan tahun depan produk Volvo Indonesia semakin kuat.